Pj Gubsu Buka LTFW & Agriculture di Geosite Sipinsur Humbahas

Pj Gubsu Hassanudin secara resmi membuka LTFW (Like Toba Fashion Week) & Agriculture 2023 di objek wisata alam Geosite Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat (6/10/2023).

topmetro.news – Pj Gubsu Hassanudin secara resmi membuka LTFW (Like Toba Fashion Week) & Agriculture 2023 di objek wisata alam Geosite Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat (6/10/2023).

Pembukaan LTFW disaksikan ribuan pengunjung yang memadati kawasan hutan pinus itu ditandai dengan pemukulan ‘taganding’ oleh Pj Gubernur Sumut bersama Pj Ketua Dekranasda Sumut, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua Dekranasda se-Kawasan Danau Toba, Dumasi Samosir (Sinar Mas) dan lainnya.

Gubsu Hassanudin mengatakan Pemprovsu sangat mendukung dan menyambut baik terlaksananya acara Lake Toba Fashion Week & Agriculture, mengingat kegiatan ini bermanfaat sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kreativitas para desainer di Sumatera Utara. Kebudayaan selain dapat mempererat persatuan bangsa, juga merupakan bagian dari pengembangan ekonomi kreatif yang mampu mendorong dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu unsur penting dalam ekonomi kreatif adalah mengemas budaya termasuk busana dengan menggunakan kain tenun Sumatera Utara seperti yang dilakukan pada kegiatan LTFW, diharapkan mampu meningkatkan motivasi bagi para desainer untuk berkarya.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk menampung, mengembangkan serta membina apresiasi dan kreativitas masyarakat khususnya para generasi muda dalam bidang fashion Indonesia. Karena kita perlu memperkenalkan kepada masyarakat kreasi wastra hasil kerajinan kawasan Danau Toba, sehingga diharapkan akan menambah kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap hasil kreativitas bangsa. Saya berharap dengan digelarnya kegiatan ini, para penenun dan desainer mampu meningkatkan kreatifitasnya dan menghasilkan hasil rancangan yang berkualitas yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional. Selamat menebar karya terbaik para desainer kebanggaan daerah, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan menghibur masyarakat Sumatera Utara. Sumatera Utara memang hebat. Wastra Sumut memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional hingga internasional. Saya berharap para pengrajin dapat terus berinovasi mengembangkan karyanya sehingga akan terus hidup. Saya yakin potensi Sumut sangat baik dan berdaya saing tinggi” jelas Pj Gubsu Hassanudin.

Ia katakan lagi, Danau Toba merupakan kebangaan Sumut. Diharapkan kegiatan tersebut dapat juga mempromosikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Superpriotitas Nasional.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dan Bupati Pakpak Bharat mengatakan, untuk meningkatkan potensi unggulan seperti kearifan lokal dan pariwisata diperlukan sinergi yang kuat. “Seluruh sisi berpartisipasi, pemerintah, UMKM dan sebagainya ambil peran, ini penting, mari kita tinggalkan ego sektoral, pariwisata dan kearifan lokal akan berjalan baik kalau kita bekerja bersama,” jelas Vandiko Gultom.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan kegiatan ini bisa terlaksana atas kerjasama 8 kabupaten di Kawasan Danau Toba termasuk dukungan Pemerintah Provinsi Sumut. Tanpa sinergi dan kerja sama seluruh pihak termasuk kepala daerah sekawasan Danau Toba kegiatan tersebut tidaklah akan terwujud.

“Mudah-mudahan kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan ini akan membawa kebahagiaan bagi kita semua,” ujar Dosmar Banjarnahor.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Direktur PAM Obvit Poldasu Kombes Pol BI Made Oka Putra SIK, anggota DPRD Sumut Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat, para anggota DPRD Humbahas, Forkopimda Humbahas, mantan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua Dekranasda Humbahas Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Erma Oloan P Nababan. Ada juga, Ketua Dekranasda Kabupaten Buru Selatan, Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Kidul, Ketua Dekranasda Kabupaten Indramayu, pengusaha HW Hutahaean (PT Labersa Hutahaean).

Hadir juga, Putri Indonesia 2023 perwakilan Sumatera Utara Tabitha Christabela Napitupulu, Putri Pariwisata Sumut 2023 Zeni Nurhalizah, Miss Supraglobal 2022 Ryzia Nabila Sitorus asal Tanjungbalai dan lainnya.

Hari pertama kegiatan LTFW, beragam acara digelar antara lain lomba fashion show tingkat SD dan SMP, lomba benih bawang merah antar penangkar bawang merah se-Kawasan Danau Toba, lomba prototype pertanian tingkat SMK se-kawasan Danau Toba, pameran hasil pertanian, pelatihan barista, parade kontingen/peserta se-Kawasan Danau Toba, pagelaran seni Sanggar Seni Maduma, parade fashion show 8 kabupaten se-kawasan Danau Toba, penampilan instrument seruling Dapot Simatupang termasuk tumba siswa SD dan SMP sebanyak 200 orang. Sebagai hiburan, tarik suara dipersembahkan Osen Hutasoit, The Boys Trio dan We Make It Band dengan pembawa acara Vanda Gomes Hutagalung.

LTFW (Like Toba Fashion Week) & Agriculture yang melibatkan 8 kabupaten di Kawasan Danau Toba Provinsi Sumatera Utara yaitu Humbang Hasundutan, Taput, Toba, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tanah Karo dan Simalungun bertempat di objek wisata alam Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan berlangsung selama tiga hari yaitu 6-8 Oktober 2023.

Minggu 8 Oktober 2023 hadir artis Lyodra Margareta Ginting yang merupakan seorang penyanyi dan pemeran perempuan Indonesia asal Medan, Sumatera Utara dengan pembawa acara Choky Sitohang.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment